Imigrasi Surabaya Berjaya di AHII 2023 Kinerja Gemilang Bidang TIKIM: Kreatif, Informatif, dan Responsif

Imigrasi Surabaya menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih dua penghargaan bergengsi dalam Anugerah Humas Imigrasi Indonesia (AHII) tahun 2023.

Dua penghargaan yang diraih yaitu (1) Pengelolaan Media Sosial Terbaik ke-3 Kategori Influencer Subkategori Kantor Imigrasi Kelas I Khusus dan (2) Best Leader Immigration Public Relations of the Year diraih oleh Ika Rahmawati, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM).

AHII 2023 merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada Kantor Imigrasi (Kanim) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi atas kinerja kehumasannya. Di Imigrasi Surabaya, fungsi kehumasan diselenggarakan oleh Bidang TIKIM, dan sebenarnya hanyalah satu dari seabrek tugas pokok dan fungsi Bidang TIKIM itu sendiri.

Lalu bagaimana sepak terjang tim humas hingga meraih penghargaan pada ajang AHII Tahun 2023?

 

Kinerja Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian

 

Keberhasilan Imigrasi Surabaya dalam mengelola humas tak lepas dari peran aktif Bidang TIKIM. Sepanjang tahun 2023, bidang ini menunjukkan kiprah yang luar biasa dengan kegiatan sosialisasi, konten kreatif di media sosial, interaksi aktif dengan publik, dan kemudahan akses layanan informasi.

Melalui kanal media sosial resmi, seperti Instagram, Facebook, X, Youtube, dan website, mereka menyajikan informasi Keimigrasian dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Respons terhadap pertanyaan dan keluhan dilakukan dengan cepat dan ramah, serta adanya kuis yang mendapatkan respons antusias dari masyarakat, menjadikan interaksi lebih aktif.

Kemudahan akses layanan informasi juga menjadi fokus, dengan panduan, tutorial, highlight, dan FAQs yang tersedia di website dan media sosial. Bahkan, tersedia kanal interaktif WhatsApp dan call center yang responsif. Seluruh kinerja humas dipantau, dimonitor, dan dievaluasi secara berkala untuk memastikan efektivitas strategi komunikasi.

Keseluruhan kinerja humas tersebut dipantau, dimonitor, dan dievaluasi oleh pimpinan secara berkala untuk memastikan efektivitas strategi komunikasi dan tercapainya pelayanan prima.

 

Hubungan Masyarakat dan Citra Positif

 

Pengelolaan hubungan masyarakat yang baik meningkatkan citra positif kantor Imigrasi. Dengan humas yang andal, masyarakat lebih percaya dan bersedia berpartisipasi dalam program sosialisasi dan edukasi. Informasi yang akurat dan terkini disajikan untuk mengatasi tantangan dalam era digital, di mana masyarakat menginginkan informasi yang instan, singkat, dan menarik.

Humas pelayanan publik yang dikelola dengan baik juga aka mendorong partisipasi masyarakat. Muncul willingness atau kemauan masyarakat untuk membantu Kantor Imigrasi dalam mencapai tujuannya, seperti mengikuti program sosialisasi dan edukasi, atau aktif mendukung upaya pengawasan terhadap orang asing, serta penegakan hukum Keimigrasian.

Tak jarang, lho, Imigrasi Surabaya menerima informasi dari masyarakat terkait keberadaan orang asing yang diduga melakukan pelanggaran izin tinggal Keimigrasiannya. Kegiatan Eazy Paspor atau Paspor Simpatik pun juga tidak pernah sepi peminat, dan informasinya senantiasa ditunggu.

 

Tantangan Humas di Era Digital

 

Meskipun demikian, pengelolaan hubungan masyarakat di era digital bukan tanpa tantangan. Karakteristik masyarakat moderen yang kritis dan menuntut kemudahan dan keterbukaan informasi menjadi tantangan tersendiri bagi tim humas.

Ledakan informasi dan misinformasi kerap membingungkan masyarakat dan berpotensi merusak citra positif organisasi dan pelayanan publik. Perilaku masyarakat dalam mengonsumsi informasi juga telah berubah. Masyarakat sekarang lebih menyukai informasi yang instan, singkat, menarik, dan mudah diakses.

“Untuk mengatasinya, Imigrasi Surabaya terus berkomitmen untuk menyediakan informasi yang akurat dan terkini, menjawab pertanyaan dan keluhan dengan cepat dan tepat, mengembangkan konten yang kreatif dan informatif, serta melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala,” jelas Ika Rahmawati, Kepala Bidang TIKIM.

Menurut Ika yang pemenang Best Leader Immigration Public Relations of the Year AHII 2023 itu, penghargaan AHII 2023 yang diraih oleh Imigrasi Surabaya menjadi bukti nyata komitmen dan kerja keras dalam membangun hubungan masyarakat yang efektif dan informatif di era digital.

Dengan diraihnya penghargaan di ajang AHII 2023, Imigrasi Surabaya telah menjadi contoh yang baik dalam aspek pelayanan publik yang berkualitas dan bercitra positif, khususnya di hati masyarakat Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto.